Minggu, 06 Maret 2011

PERENCANAAN ORGANISASI KEWIRAUSAHAAN


A.   Karakteristik Umum Perencanaan
Definisi Perencanaan                                                                              
Perencanaan adalah sebagai perkembangan sistematis dari program tindakan yang ditujukan pada pencapaian tujuan bisnis yang telah disepakati dengan proses analisa, evaluasi, seleksi diantara kesempatan-kesempatan yang di prediksi terlebih dahulu.

Tujuan Perencanaan
Tujuan yang mendasar dari perencanaan adalah membantu organisasi mencapai tujuannya. Tanpa adanya perencanaan biasanya disertai dengan tidak adanya koordinasi dan timbulnya ketidak efisienan.
Ada dua maksud dari tujuan perencanaan, yaitu :
a.       Perlindungan
Meminimisasi resiko dengan mengurangi ketidakpastian disekitar kondisi bisnis    dan menjelaskan konsekuensi tindakan manajerial yang berhubungan.
b.      Kesepakatan
Meningkatkan tingkat keberhasilan dalam organisasi.

Kerugian dan Keuntungan Perencanaan
Program perencanaan mempunyai banyak keuntungan, yaitu :
a.       Membantu Wirausahawan Berorientasi ke Masa Depan
Wirausahawan dipaksa untuk melihat keeluar dari masalah hariannya yang normal untuk memproyaksikan apa yang akan mereka hadapi di masa mendatang.
b.      Koordinasi Keputusan
Keputusan hendaknya tidak dibuat sekarang tanp[a adanya gagasan tentang bagaimana ia akan mempengaruhi keputusan yang harus dibuat sekarang. Fungsi perencanaan bisa membantu wirausahawan dalam usahanya mengkoordinasikan keputusan.
c.       Perencanaan Menekankan Tujuan Operasional
Tujuan organisasi adalah perencanaan, wirausahawan secara konstan di ingatkan dengan apa yang ingin dicapai organisasi mereka.
Jika funsi perencanaan tidak dilaksanakan dengan baik dalam organisasi, mungkin akan menimbulkan kerugian-kerugian. Penekanan pada program perencanaan akan memakan banyak waktu manajemen. Manajemen harus membagi antara waktu yang digunakan untuk perencanaan dengan waktu yang digunakan untuk fungsi manajemen lainnya seperti pengorganisasian, mempengaruhi, dan pengawasan.

B.   Jenis-Jenis Perencanaan
Aktivitas perencanaan bisa di bagi menjadi dua, yaitu :
a.      Perencanaan Strategis
Adalah perencanaan jangka panjang yang dipusatkan pada organisasi secara keseluruhan. Wirausahawan memandang organisasi sebagai satu unit total dan memutuskan apa yang hendak dilakukanyan dalam jangka panjang untuk mencapai tujuan organisasinya. Perencanaan jangka panjang wirausahawan adalah mencoba menentukan apa yang akan dilakukan oleh organisasi agar berhasil dalam kurun waktu 3 sampai 5 tahun mendatang.

·         Definisi Strategis
Adalah suatu rencana luas dan umum yang dikembangkan untuk mencapai tujuan organisasi  jangka panjang.  Strategi adalah hasil akhir dari perencanaan strategis. Agar strategi bisa berdaya guna , ia harus konsisten dengan tujuan organisasional yang pada akhirnya harus konsisten dengan maksud organisasional.

·         Manajemen Strategi
Walaupun perumusan strategi adalah salah satu langkah dalam proses manajemen strategis, perumusan strategi lebih banyak mendapatkan perhatian dalam literatur manajemen dibandingkan proses lainnya.

·         Pertanyaan dalam Merumuskan Strategi
Ø  Apakah tujuan dan maksud dari organisasi itu? Jawaban pertanyaan ini adalah memberitahukan kearah mana organisasi tersebut diarahkan. Strategi yang tepat guna mencerminkan maksud dan tujuan organisasi.
Ø  Kemankah organisasi ini akan diarahkan? Jawabannya dalah bisa dengan memberitahukan pada wirausahawan apakah organisasi sedang mencapai tujuannya, jika iya, apakah tingkat kemajuan ke arah pencapaian tujuan tersebut memuaskan atau tidak.
Ø  Dengan jenis kondisi lingkungan apa organisasi tersebut mempunyai keberadaan? Baik lingkungan internal dan eksterbal, maupun faktor-faktor di dalam dan diluar organisasi, termasuk apa yang ditanyakan oleh pertanyaan ini. Jawabannya bisa membantu wirausahawan didalam menetapkan kekuatan, kelemahan, masalah-masalah, dan kesempatan organisasi yang ada.

b.      Perencanaan Taktis
Adalah perencanaan jangka pendek yang menekankan pada operasi berbagai bagian organisasi yang sedang berjalan. Wirausahawan menggunakan perencanaan taktis untuk menguraikan apa yang harus dilakukan oleh berbagi bagian dari organisasi untuk mencapai keberhasilan pada jangka waktu satu tahun atau kurang.
Wirausahawan memerlukan perencanaan strategis maupun taktis, tetapi kedua program tersebut harus saling berhubungan agar tercapai suatu keberhasilan. Perencanaan taktis hendaknya dipusatkan pada apa yang akan dilakukan dalam jangka pendek untuk membantu mencapai tujuan jangka panjang yang ditentukan dengan perencanaan strategis.

C.   Perencanaan dan Tingkat Manajemen
Manajemen adalah puncak dari suatu organisasi, mempunyai tanggung jawab utama untuk melihat apakah perencanaan sudah dilaksanakan atau tidak. Walaupun semua tingkat manajemen terlibat dalam proses perencanaan, manajemen tingkat atas biasanya menggunakan waktu perencanaan yang lebih banyak dibandingkan manajemen tingkat bawah. Manajemen tingkat bawah biasanya lebih terlibat dengan kegiatan operesional dan organisasi, dan karenanya mempunyai waktu lebih sedikit dalam proses perencanaan dibanding dengan manajemen tingkat atas. Manajemen menengah biasanya menggunakan waktu lebih sedikit dibanding manajemen tingkat atas.

a.       Langkah-Langkah Dalam Proses Perencanaan
Proses perencanaan mengandung enam langkah, yaitu :
Ø  Menyatakan Tujuan Organisasi
Suatu pernyataan tujuan yang jelas perlu, bagi dimulainya suatu perencanaan, karena perencanaan dipusatkan pada bagaimana sistem manajemen akan mencapai tujuan tersebut.
Ø  Memilih Bernagai Cara Alternatif Untuk Mencapai Tujuan
Tujuan organisasional dinyatakan dengan jelas, wirausahawan hendaknya memuat sebanyak mungkin alternatif yang tersedia untuk mencapai tujuan tsb.
Ø  Mengembangkan Premis Yang Menjadi Dasar Alternatif
Kelayakan penggunaan setiap alternatif untuk mencapai tujuan organisasional ditentukan dengan premis atau asumsi atsa mana alternatif tersebut didasarkan.
Ø  Memilih Alternatif Terbaik Untuk Mencapai Tujuan
Suatu evaluasi alternative harus memasukkan evaluasi premis atas mana alternative tersebut didasarkan.
Ø  Pengembangan Rencana Berdasarkan Alternatif Yang Dipilih
Sesudah alternative dipilih, wirausahawan sesungguhnya mulai mengembangkan rencana-rencananya.
Ø   Memfungsikan Rencana-Rencana ke dalam Tindakan-tindakan
Sekali rencana telah dikembangkan, rencana tersebut siap difungsikan ke dalam tindakan-tindakan.

D.    Pendekatan –Pendekatan Dalam Perencanaan
Tiga pendekatan atau filsafat dasar untuk melaksankan funsi perencanaan adalah :

Pendekatan Probabilitas Tinggi
Pendekatan probabilitas tinggi perencanan didasarkan pada filsafat bahwa seharusnya terdapat probabilitas tinggi bahwa organisasi tidak bias mencapai keberhasilan. Perencanaan menggunakan pendekatan probabilitas tinggi yang ditunjukkan langsung untuk menjamin tingkat keberhasilan yang bias diterima.

Pendekatan maksimasi
Pendekatan maksimasi didasarkan pada filsafat bahwa organisasi hendaknya mencapai keberhasilan sebesar mungkin. Perencana biasanya  menggunakan maksimasi dan  secara konstan menggunakan teknik kuantitatif dan paling banyak digunakan adalah model matematis. Perencana membangun model otomatis dari system yang mereka rencanakan dan mendasarkan model tersebut bereaksi dengan perubahan dari luar. Melalui penggunaan model tersebut dn teknis matematis lainnya, perencana pendekatan makimasi mencoba untuk:
1.       meminimasi sumber daya yang digunakan untuk mendapat tingkat prestasi (performance) tertentu
2.       memaksimumkan prestasi yang bisa dicapai dengan sumber daya yang diharapkan tersedia
3.       mendapat keseimbangan biaya (sumber daya yang dikonsumsi) dan manfaat (prestasi) yang terbaik

Pendekatan maksimasi perencanaan seperti pendekatan probabilitas tinggi yang mempunyai keutungan dan kerugian. Keuntungan adalah pendekatan ini secara kontinyu menekankan padapencapaian kuntungan potensial penuh dari organisasi dn mengunakan teknik kuantitatif yang canggih untuk mengembangkan rencananya. Kerugian pendekatan ini yaitu biasanya memperlakukan komponen organisasi sepenuhnya bisa dikuantifikasi dan bisa diprediksi.

Pendekatan adaptasi
Pendekatan adaptasi menekankan bahwa perencanaan yang efektif dipusatkan pada usaha membantu organisasi untuk berubah atau menyesuaikan diri denga variabel eksternal atau internal. Pendekatan ini didasarkan pada filsafat bahwa suatu ketidak mampuan beradaptasi adalah kendala besar bagi keberhasilan orgnisasi.
Perencana yang menggunakan pendekatan ini yaitu:
  1. melihat perubahan organisasional yang tidak bisa dihindari
  2. memusatkan diri pada antisipasi perubahan masa depan
  3. menentukan, melalui analisa organisasional, bagaimana memodifikasi organisasi ketika tiba saat untuk berubah

Keuntungan pendekatan adaptasi yaitu dfokuskan pada lingkungan eksternal dan internal dari organisasi untuk memprediksi perubahan organisasional. Tanpa memandang pendekatan perencanaan yang digunakan, analisa lingkungan adlah perlu agar orgnisasi tetap mempunyai keberadaan.  Kerugian pendekatan ini termasuk penekanan yang kurang pada tujuan organisasi dibanding dengan pendekatan probabilitas tinggi dan pendekatan adaptasi dan kemungkinan bahwa analisa orgnisasi dan perubahan yang dihasilkan lenih merupakan akhir dari perencanaan daripada sebagai alat mencapai keberhasilan.


Pendekatan mana yang harus digunakan
Pendekatan perencanaan yng sebaiknya digunakan oleh wirausahawan mungkin merupakan bauran atau kombinasi dari pendekatan probabilitas tinggi, maksimasi dan adaptasi. Tiap pendekatan sebaiknya digunakan secara sistematis untuk berhubungan dengan berbagai faktor yang berkaitan dalam organisasi. Kombinasi pendekatan ini menekankan keuntungan dan meminimisasi kerugian dari tiap pendekatan.

Perencanaan bisnis
Dalam bisnis terdapat dua macam kegiatan perencanaan. Pertama, kegiatan-kegiatan kewirausahaan yang mencakup tugas-tugas seperti mengadakan kontak dengan para bankir, akuntan, pengacara dan orang-orang lain yang membantu dalam aspek finansial dan hukum dari bisnis. Memperoleh survai-survai pemasaran, merasakan riset produk dn merancang anggaran, semua ini merupakan aspek-aspek kewirausahaan perencanaan bisnis. Kedua, terdapat aspek-aspek bisnis yang dianggap rutin yang meliputi persiapan laporan keuangan bulanan, memonitor dan merevisi anggaran, memanajemeni arus produksi serta memasarkan produk dan jasa. 

E. RENCANA RENCANA
Definisi
Yaitu suatu tindakan tertentu yang untuk membantu organisasi mencapai tujuan. Perencanaan, proses evaluasi semua informasi yang  relevan dan penilaian perkembangan masa depan yang mungkin, menghasilkan suatu perencanaan mengenai arah tindakan yang direkomendasikan suatu rencana. Tanpa memandang pentingnya intuisi yang berhubungan dengan pengalaman dari wirausahawan, tindakan dan strategi manajemen yang diharapkan berhasil umumnya didasarkan pada reason.
Dimensi besar dalam sutu rencana:
  1. Perulangan : menguraikan jangka suatu rencana yang digunakan dari waktu ke waktu. Beberapa rencana khususnya dirancang untuk satu situasi tertentu yang relatif berjangka pendek. Rencana dari jenis ini pada dasarnya tidak berulang-ulang. Beberapa rencana dirancang untuk digunakan dari waktu ke waktu dan dirancang secara kontinyu pada jangka panjang.
  2. Waktu : jangka periode waktu yang diliputi oleh suatu rencana. Rencana strategis adalah rencana janka panjang, sementara taktis meliputi periode waktu yang relatif pendek.
  3. Jangkauan : menguraikan dari sistem manajemen total dalam mana rencana tersebut ditujukan. Semakin besar bagian sistem manajemen oleh suatu rencana, semakin luas jangkauan dari rencana tersebut.
  4. Tingkatan : menunjukan tingkatan organisasi dimana rencana tersebut ditujukan. Rencana tingkat atas atau puncak adalah rencana yang dirancang untuk tingkatan manejemen puncak. Rencana tingkat menengah dan bawah dirancang masing-masing untuk manajemen tingkat menengah dan bawah.

F. JENIS JENIS RENCANA
Dengan menggunakan dimensi perulangan sebagai pedoman, rencana-rencana organisasional dibagi menjadi dua tipe yaitu rencana tetap dan rencana sekali pakai. Rencana tetap digunakan berulang-ulang karena rencana ini difokuskan pada situasi organisasional yang terjadi berulang-ulang. Rencana sekali pakai hanya digunakan sekali atau beberapa kali krena rencana tersebut difokuskan untuk berhubungan dengan situasi relatif unik dalam organisasi. Rencana tetap bisa dibagi menjadi kebijaksanaan, prosedur dan aturan. Rencana sekali pakai dibagi menjadi program dan anggaran.
Rencana tetap
Ø  Kebijaksanaan-kebijaksanaan adalah rencana tetap yang memberi garis pedoman luas bagi penyaluran pemikiran manajemen pada arh tertentu. Sebagai akibat dari ”pemikiran yang tersalurkan, manajemen dituntun ke arah pengambilan tindakan yang konsisten dengan pencapaian tujuan organisasional. Suatu kebijakan pada hakikatnya adalah suatu ekspresi umum dari maksud manajemen pada tindakan apa sebaiknya diambil untuk mencapai tujuan organisasional.
Ø  Prosedur adalah rencana tetap yang menguraikan serangkaian tindakan yang berhubungan yang harus diambil untuk menyelesaikan tugas tertentu. Prosedur menguraikan tindakan yang lebih spesifik dibandingkan kebijaksanaan. Organisasi biasanya memiliki perangkat prosedur yang berbeda yang meliputi berbagai tugas yang harus diselesaikan.
Ø  Aturan-aturan adalah rencana tetap yang merancang suatu tindakan tertentu yang diperlukan. Pada hakikatnya, sebuah aturan menunjukan apa yang harus dilakukan oleh organisasi dan apa yang tidak boleh dilakukan. Sebuah aturan dengan tepat menguraikan tindakan apa yang diinginkan dan karenanya tidak memberi ruang bagi penfsiran.

Rencana sekali pakai
Ø  Program adalah rencana sekali pakai untuk melaksanakan suatu proyek khusus dalam suatu organisasi. Proyek itu umumnya tidak dimaksudkan untuk mempunyai keberadaan dalam organisasi. Akan tetapi, program itu memiliki keberadaan untuk mencapai tujuan yang jika bisa diselesaikan akan membantu keberhasilan jangka panjang dari perusahaan.
Ø  Anggaran adalah rencana sekali pakai yang meliputi jangka waktu tertentu. Anggaran perusahaan adalah anggaran mendetail tentang bagaimana dana akan dibelanjakan pada tenaga kerja, bahan mentah, barang modal, dan lain sebagainya maupun pada bagaimana dana unutk pengeluaran tersebut akan diperoleh. Walaupun anggaran adalah peralatan perencanaan yang anggaran juga merupakan strategi pengawasan organisasional.

G. ALAT-ALAT PERENCANAAN
Adalah teknik yang digunakan wirausahawan untuk membantu mengembangkan rencan-rencana.

Peramalan (forecasting)
Adalah teknik prediksi terjadinya lingkungan masa depan yang akan mempengaruhi operasi organisasi. Walaupun teknik peramalan yang canggih relatif modern, konsep peramalan  bisa ditelusuri kembali sekurang-kurangnya pada literatur manjemen dari Fayol. Arti penting dari peramalan terletak pada kemampuannya untuk membantu wirausahawan mengerti dengan lebih baik perbaikan masa depan dari lingkungan organisasional, yang pada gilirannya membantu wirausahawan untuk merumuskan rencana-rencana yang lebih efektif.
Walaupun suatu proses  peramalan organisasional yang lengkap bisa dan biasanya semua tipe peramalan yang disinggung pada paragraf terdahulu, peramalan penjualan dikutip sebagai ”kunci” peramalan organisasional. Ramalan penjualan adalah suatu prediki tentang seberapa tinggi dan rendahnya penjualan selama periode waktu yang diramalkan. Ramalan penjualan adalah ramalan ”kunci” karena ia bertindak sebagai garis pendoman fundamental bagi perencanaan dalam organisasi . Sekali ramalan penjualan telah dilengkapi, wirausahawan bisa memutuskan apakah lebih banyak penjualan yanh harus disewa, apakah lebih banyak dana bagi ekspansi pabrik yang hrus dibutuh kan, atau apakah pengurangan tenaga kerja dan pemotongan pada bidang tertentu adalah perlu bagian berikut.

Metode Analisa Runtun Waktu ( time series analysis method )
         Metode analisia runtun waktu memprediksi penjualan dimasa mendatang dengan menganalisa hubungan historis antara waktu dan penjualan . Informasi  menun jukan hubungan antara waktu dan penjualan bisa disajikan dalam bentuk grafik . Penyajian ini dengan jelas menunjukan kecenderunagn dimasa lalu , yang bisa digunakan untuk meramal penjualan dimasa mendatang .
         Hasil dari metode analisa runtun waktu dipandang sangat  dibutuhkan oleh wirausahawan. Akan tetapi, karena dalam jangka panjang  produk umumnya melewati  apa yang dinamakan siklus hidup produk, hasil tersebut bisa dianggap sebagai terlalu optimis. Siklus hidup produk ada lima tahap melalui mana hampir semua produk dan jasa baru akan melewatinya. Lima tahap tersebut adalah pengenalan, pertumbuhan, kedewasaan,  kejenuhan, penurunan, dan kemandekan.

Penjadwalan (scheduling)
Pada dasarnya penjawalan adalah proses perumusan daftar aktivitas yang mendetail yang harus di laksanakan untuk mwencapai tujuan organisasdi. Daftar aktivitas tersebut merupakan bagian integral dari rencana organisasional.peta Gannt (Gannt Chart) dan analisa network adalah dua teknik penjadwalan yang akan dibahas pada paragraf berikut.

Peta Gannt (Gannt Chart)
Peta Gannt adalah peralatan penjadwalan yang dikembangkan oleh Henry L. Gannt. Peta ini pada dasarnya diagram balok (bar graph) dengan waktu pada sumbu harisontal dan sumber daya yang dijadwalkan beradA pada sumber vertikal. Sumber daya yang mungkin Dijadwalkan.
Teknik Evaluasi dan Telaah program (program evaluation and review techniqui) tau pert
            Kelemahan dari peta gannt adalah bawaan ia tidak mengandung suatu informasi tentang saling hubungan di antara tugas-tugas yang yanng di laksanakan. Semua tugas yang di laksanakan di cantumkan pada peta, tetapi tidak ada cara untuk memberitahukan apakah suatu tugas harus di laksanakan sebelum tugas yang lainnya bisa di selesaikan . Teknik Evaluasi dan Telaah pragram (PERT),suatu teknik yang berasal sebagian dari teknik peta grannt, adalah alat penjadwalan yang dirancang untukmenekankan pada saling hubungan diantara tugas-tugas.
Definisi Pert
            PERT adalah jaringan aktivits proyek yang menujukan baik estimasi waktu yang diperlukandalam proyek,maupun hubungan berangkai antara aktivitas-aktivitas yang harus diikuti untuk menyelesaikan proyek.
            Jaringan pert mengandung dua elemen utama : aktivitas peristiwa. Aktivitas adalahperaangkat perilaku tertentu dalam proyek. Sementara peristiwa adalah penyelesaian tugas untuk proyek. Dalam jaringan PERT tiap-tiap peristiwa di berikan aktivitas yang berhubungan yang harus dilaksanakan sebelum peristiwa tersebut terwujud.

Jalur Kratis (CriticalPath)
            Perhatian hendaknya dipusatkan pada jalur kritis dari jaringan PERT.jalur kritis adalah rangkaiandari peristiwa dan aktivitas yang memerlukan periade waktu paling lama untuk diselesaikan.Julur ini di namakan jalur kritis karnrna penunaan pada waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan rangkaian ini akan menyebabkan penundaan pada proyek.
Langkah Langkah didalam Mendisain Jaringan PERT
            Didalam mendisain suatu jaringan PERT, wirausahaan hendaknya mengikuti empat langkah utama berikut ini :
Langkah 1 Wirausahaan hendaknya mencantumkan (a)semua aktivitas/peristiwa yang harus diselesaikanuntuk suatu proyek dan(b) urutan dengan mana aktivitas/peristiwa tersebut harus dilaksanakan.
Langkah 2Wirasahawan hendaknya menentukan berapa banyak waktu yang di butuhkanuntuk menyelesaikantiap-tiap aktivitas/peristiwa
Langkag 3 Wirausahawanhendaknya mendisain suatu jaringan PERT yang mencerminkan semua informasiyang terkandung pada langkah 1 dan 2.
Langkah 4 wirausahaan hendaknya mengidefikasi.

IKHTISAR
1.      Perencanaan adalah proses menentukan bagaimana organisasi bisa mencapaitujuannya. Perencanaan adalah proses menentukan dengan tepat apa yang akan dilakukan organisasi untuk  mencapai tujuannya.
2.      Perencanaan organisasional mempunyai dua maksud :perlindungan dan kesepakatan(Protective dan offirnative). Maksud protektif adalah meminimasasi resiko dengan mengurangi ketidak pastian disekitar kondisi bisnis dan menjelaskan konsenkuensitindakan menejerialyang berhubungan.Trujuan arfimatif adalah yang meningkatkan tingkat keberhasilan organisasional.
3.      Programperencanaan mempunyain banyak keuntungan. Pertama adalah membantu wirausahaan berorietasi ke masa depan.Kedua, Koordinasi keputusan.Ketiga, perencanaa menekankantujuan organisasional.
4.      Ativitas perencanaan bisa dibagi menjadi dua:perencanaan taktis dan perencanaan strategis.
5.      Perencanaa strategis adalahperencanaan jangka panjang yang dipusatkan pada organisasi  secara keseluruhan.
6.      Strategis didefikasikansebagai suatu rencana luas dan umum yang dikembangkan untuk mencapai tujuan organisasional jangka panjang.
7.      Manejemen strategis didefikasikan sebagai proses yang menjamin bahwa proses  dan manfaat organisasi dari penggunaan strategis organisasional yang tepat guna. Strategis yang tepat guna adalah Strategisyang sesuai bagi kebutuhan organisasi pada saat tertentu.
8.      Perumusan suatu srategisorganisasi yang tepat guna adalah suatu proses didalammenjawab empat pertanyaan dasar.pertanyaan tersebut adalah sebagaiberikut: 1. Apakah tujuan dan maksud dari organisasi itu?, 2. Keemanakah organisasi dewasa ini diarahkan?, 3. Dengan jenis kondisi lingkungan apa organisasi tersebut mempunyai keberadaan?, Dan 4. Apakah yang bisa dilakukan untuk bisa mencapai tujuan organisasi dengan lebih baik dimasa mendatang?
9.      Perencanaan taktis adalah perencanaan jangka pendek yang menenkankan pada operasi berbagai bagian organisasi yang sedang berjalan,jangka pendek adalah kurun waktu kedepan yang berkisar satu tahun atau kurang.
10.  Umumnya,manajertingkat bahwa membuat perencanaan jangka pendek ;manajer tingkatmenengah membuat perencanaan jangka yang akan panjang ;dan manajer puncak perencanaan jangka panjang.
11.  Proses perencanaan mengandung enam langkah,yaitu ;1. Menyatakan tujuan  Organisasi,2. Memilih berbagi cara alrtenatif utuk mencapai tujuan ,3.Mengembangkan Premis Yang menjadi dasar artenatif ,4. Memilih alrtenatif Tyerbaik untuk mencapai Tujuan, 5. Pengembangan rencana –rencana kedalamTindakan-tindakan.
12.  Tiga pendekatan atau filasafat dasar untuk melaksanakan fungsi perencanaanadalah: ( 1) Pendekatan probalitas tinggi (2)pendekatan maksimisasi, dan(3) pendekatan adaptasi.
13.   Pendekatan probalitas tinggi perencanaan didasarkan pada filsafat bahwa seharusnya terdapat probalibitas tinggi bahwa organisasai hendaknya mencapai keberhasilan sebesar mungkin. Pendekatan adaptasi menekankan bahwa perencanaan yang efektif dipusatkan pada usaha membantu organisasi untuk berubah atau menyusuaikan diri dengan variabel eksternal dan/ atau internal.
14.  Pada umumnya, dalam bisnis terdapat dua mancam kegiatan perencanaan. Pertama,terdpat kegiatan-kegiatan kewirausahaan yang mencakup tugas-tugas seperti mengadakan kotak dengan para bankir, akutan,pengacara,dan orang-orang lain membantu dalam aspek-aspek finansial dan hukum dari bisnisanda.kedua, terdapat aspek-aspek  bisnis yang di anggap rutin.ini meliputin menyiapkan laporan keuangan bulanan, memonitor dan merevisi anggaran,memanajemesi arus produksi serta memasarkan produk dan jasa.
15.  Suatu rencana adalah suatu tindakan tertentu ynag diusulkan untuk membatu organisasi mencapai tujuannya.
16.  Suatu rencana mempunyai empat dimensi besar : 1. Dimensi perulangan , 2. Dimensi waktu, 3 dimensi jangkauan, dan 4. Dimensi tinkatan.
17.  Rencana-rencana organisasional biasannya dibagi menjadi dua tipe rencana tetap dan rencana  sekali pakai.
18.  Rencana tetap digunakan berulang-ulang karena rencana tersebut difokuskan pada situasiorganisasional yang terjadi berulang-ulang sementara rencana sekali pakai hanya digunakan sekali atau beberapa kali karena rencana tersebut difokuskan untuk berhubungan dengan situasi yang relative unik dalam organisasi.
19.  Rencana tetap bias dibagi menjadi kebijaksanaan,prosedur, dan aturan, dan rencana sekali pakai bias dibagi lagi menjadi program dan anggaran.
20.  Suatu kebijaksanaan adalah rencana tetepyang memberi garis pedoman luas bagi penyaluran pemikiran manajememen pada arah tertentu.
21.  Suatu prosedur adalah rencana tetap yang menguraikan serangkaian tindakan yangberhubungan yang harus diambil untuk menyelesaikan tugas tertentu.
22.  Sebuah aturan adalah rencana tetap yang merancang suatu tindakan tertenu yang diperlukan. Pada hakikatnya,sebuah aturan menunjukan apa yang harus dilakukan oleh anggota organisasi dan apa yang tidak boleh dilakukan.
23.  Sebuah program adalah rencana sekali pakai yang dirancang untuk melaksanakan suatu proyek khusus dalam suatu organisasi.
24.  Anggaran adalah rencana keuangan sekali pakai yang meliputi jangka waktu tertentu.         Anggaran perusahaan adalah suatu rencana mendetail tentang bagai mana dana akan di belanjakan pada tenaga kerja ,bahan mentah , barang modal,dan lain sebagainya.  
25.   Alat-alat perencanaan adalah teknik yang bisa di gunakan oleh wirausahawan untuk membantu mengembangkan rencana-rencana.
                                                  


DAFTAR PUSTAKA
  • http://www.elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/kewirausahaan/bab10-perencanaan_organisasi_kewirausahaan.pdf
  • http://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:CMp3_VLmE04J:www.elearning.gunadarma.ac.id